Jaringan Komputer

Hanya untuk sekedar pengingat jika nanti lupa. aku hanya ingin tulis sedikit tentang jaringan komputer (pelajaran yang saya dapat dari sekolah tercinta)

jaringan komputer adalah jaringan yang dibentuk oleh dua buah komputer/lebih yang saling berhubungan dan dapat berkomunikasi. 
jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. LAN (local Area Network), adalah suatu jaringan yang berhuungan dalam satu lokasi. seperti dalam satu gendung perkantoran saja. umumnya untuk jaringan ini jaraknya tidak lebih dari 1 kilometer karena apabila terlalu jauh, maka transfer data atau informasinya menjadi lebih rapat.
2. MAN (Metropolitan area network), adalah suatu jaringan komputer yang lebih besar daripada LAN. dalam jaringannya meliputi sebuah kota besar dan daerah sekitarnya. MAN mampu menunjang data dan suara dan dapat disambungkan dengan TV kabel. jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50km. MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang berfungsi untuk mengatur  panet melalui kabel output.
3. WAN (WIde Area Network), adalah jaringan komputer yang ruang lingkupnya mencapai antar profinsi, antar pulau, antar negara, bahkan antar benua. Biasanya dalam jaringan ini akan menggunakan sarana satelit/kabel bawah laut. contoh WAN adalah jaringan perusahaan otomotif "honda", dimana cabangnya yang berada di indonesia bisa berhubungan dengan kantor pusatnya di Jepang.

0 komentar:



Posting Komentar